Untuk Yang Ingin Melakukan Kuliah (Lagi)

Kurang ajar, gue nggak menepati janji nulis hari Rabu, suruh push up aja nih.
Karena kehidupan nyata sedang sibuk-sibuknya jadi kecapekan, bayangin aja Rabu kemarin gue main futsal 4 jam pelajaran. Fiuh. Walaupun cuma jadi wasit sih. :(

Btw, gimana alesan gue ? Udah mirip blogger-blogger profesional belum ?
Jangan ditiru ya, harusnya apapun keadaan yang gue alami gue nggak boleh bolos ngepost apalagi ini gue sendiri yang bilang kalo mau ngepost 9 kali sebulan.
Pertama, kita berdoa dulu buat semua orang yang kena dampak meletusnya gunung kelud. berdoa dipersilakan. *berdoa*
Semoga ya Tuhan, mereka baik-baik saja dalam segala bentuk anugrah yang Engkau berikan, semoga mereka menjadi lebih baik, semoga mereka tahu kepada siapa harus meminta pertolongan. AMIN!
Oke deh, untuk melanjutkan yang kemarin gue langsung ke intinya aja.

******************** SBMPTN ********************

Jalur masuk yang satu ini juga berada di bawah naungan pemerintah, kalo SNMPTN itu seleksi lewat nilai rapot maka SBMPTN ini seleksi lewat tes bersama. Kepanjangannya aja Seleksi Bersama Masuk PTN.
Dalam SBMPTN, jati diri kalian nggak dipake. Maksudnya, dari sekolah manapun, gimanapun nilai rapot sama ujian kalian, berapa banyak mantan kalian, berapa hari kalian makan itu nggak penting, asal kalian lolos tes dan masuk dalam kuota prodi yang kalian pilih berarti kalian diterima. A! AMIN!

Begitu juga dengan tesnya, nggak peduli kalian anak IPA, IPS, atau SMK tes yang akan kalian jalani adalah sesuai dengan prodi yang kalian pilih.
Misal, anak IPA ambil hukum ya nanti tesnya tes potensi akademik, tes kemampuan dasar, sama SOSHUM. Begitu juga sebaliknya. Kalo ambil jurusan yang seni atau olahraga nanti ada tes sendiri dari PTN yang kalian pilih. Yang sebangsa sastra dll gitu ikut SOSHUM.

Tapi, ada ruginya juga kalo kalian ikut jalur ini. Yap, kakak kelas sampai dua tahun lalu juga boleh ikutan tes ini. Artinya saingan kalian nggak cuma anak seumuran tapi orang tua juga. ( ORANG TUA )

Pendaftaran dibuka bulan MEI 2014, dan bisa mendaftar secara online di sini.
Oke, untuk masalah pembayaran, ketentuan umum, tanggal penting kalian bisa baca di website tadi, capek gue nulis ulang dan gue rasa udah jelas banget kok. Kalo masih 2013, ya kepoin aja terus sampe jadi 2014. :p

Karena, intinya adalah gue berbagi cara supaya hasilnya maksimal walaupun nggak ada yang bener.

Fokusnya nanti dulu
Ini yang harus gue tekankan. Adalah fokus kalian nanti aja setelah Ujian Nasional, percuma kalian fokus mulai dari sekarang. Inget post sebelumnya kan ? Yap, Ujian Nasional berpengaruh cukup besar dalam SNMPTN. Saran gue adalah kalian fokus dulu sampai ujian, nah setelah itu baru kalian siap-siap plan B untuk kemungkinan terburuk dalam SNMPTN tadi.
Gue rasa waktu dua bulan udah cukup buat persiapan.

Ikut Try Out
Ikuti Try Out gitu, minimal kalian bisa tau kayak gimana soalnya. Jadi bisa dipikirin nanti, kalian mampu nggak belajar sendiri atau emang harus diajarin. Entah ke bimbingan atau dukun gue nggak tau.

Mikir Lagi
Adalah hal yang perlu dan sangat perlu kalian lakukan, apa yang mau kalian hadapi nanti ? Maksud gue, adalah prodi dan PTN mana yang bakal kalian tulis saat daftar ?
Karena gue adalah orang gila, maka saran gue adalah jangan pindah dari apa yang kalian ingini sewaktu SNMPTN. Ini masalah prinsip, nyangkut dikit ke doa. Yakinkan Tuhan kalo kalian ingin sekali ke sana, dan yang penting adalah bikin yakin diri kalian sendiri kalo pilihan kalian bukan cuma kesenangan/keinginan yang sementara. Itu.
Udah sering gue bilang kan kalo orang punya tujuan yang jelas makin gampang jalannya ?

Bikin Jadwal
Setalah ujian nasional gue jamin kalian bakal punya waktu luang banyak, nah yang udah ya udah aja deh. Ujian kalian nggak usah dipikirin, fokus ke rencana B kalian aja. Bikin jadwal, jadwal apa ? Jadwal latihan, mau kapasitas otak kalian gedhe juga percuma kalo nggak ada isinya.
Misal, ini cuma contoh jadwal aja. Boleh ditiru kok.

Tes SBMPTN itu ada beberapa, dan kebetulan tahun ini dilakukan sehari doang, nggak kayak tahun lalu yang dua hari. Ada tes Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan Dasar, Sama Tes SAINTEK/SOSHUM.

TPA itu cuma satu, TKD dibagi menjadi matematika, bahasa indonesia, sama bahasa inggris. Sementara, Saintek/Soshum sesuai mata pelajaran ciri khas, kalo saintek ya fisika, kimia, matematika, biologi terus kalo Soshum ya ekonomi dkk.

Gue bikin keadaan kalo gue ikut bimbingan belajar khusus SBMPTN ini, taruhlah dalam waktu sampai tes itu ada 60 hari. Oya, jadi gini, semua cara gue ini bisa berjalan kalo kalian memang mau prihatin sebentar.

Lanjut, berarti selama itu pula bimbel juga akan berjalan. Seandainya seminggu masuk 4 kali dan waktu masuk adalah pagi jam 10 sampai jam 12. Harinya adalah Senin, Selasa, Rabu, Sabtu.

Seminggu ada 7 hari, dan saran gue alokasikan waktu 2.5 jam khusus buat latihan ini. Kenapa 2.5 jam ? Itu opsional, kalian mau lebih atau kurang juga boleh.
Jadi gini, 2.5 jam tadi dibagi menjadi 30 menit TPA 60 menit TKD sisanya Saintek/Soshum.
Karena gue ikut bimbel, otomatis gue dapet buku materi dan latihan, itu disingkirin aja. Beli buku bekas ajalah di toko buku atau yang murah yang isinya semua soal SBMPTN tahun ini atau tahun lalu atau mungkin kalo kalian bisa belajar lewat monitor tinggal download aja, kenapa ? Karena soal SBMPTN itu ya cuma gitu-gitu terus kayak hubungan percintaan kalian. Oya, sekalian kunci jawabannya ya kalo bisa.

Jadi, 30 menit tadi buat ngerjain 40 soal TPA, 60 menit masing-masing 10 soal matematika, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Nah, yang 60 menit itu dipake buat masing-masing 20 soal dua mapel aja, misal hari ini kimia sama matematika, besoknya fisika sama biologi. Gitu.

Lakukan setiap hari misal dari jam 19.00-21.30, selain waktu les sama latihan ini ? Kalian bebas! yang penting kalian adalah paham konsep. Karena SBMPTN beda sama ujian biasa yang kalo materi ini nanti soal yang keluar bakal tentang materi tadi. Makannya gue nyarainin ngerjain soal. Biar kalian paham.

Selama keteraturan ini djaga gue yakin pada waktu tes nanti kalian bakal siap.

Berbuatlah baik
Baca lagi aja post gue yang judulnya gagal, cerita sederhana tentang keberuntungan, doa, hati dan otak. Nah mungkin itu udah cukup kok. :p

Selama tes
Udah jadi rahasia umum ini, kalo tes soal yang susah dilewati aja, jangan malah kalian ajak berantem. Ntar waktunya habis. Oya, jaga kesehatan ya, cuacanya kan juga lagi kayak gini.

Nah itu aja deh, kalo mau berhasil dalam SBMPTN ini kalian cuma butuh latihan soal setiap hari. Perkara kalian mau main, mau ngapain itu boleh aja yang penting tetep latihan soal per hari. Udah dulu, gue kepala gue lagi keterlaluan. Oke, doa gue adalah yang membaca ini dan yang menulis ini tentunya nggak usah ikutan SBMPTN karna SNMPTN diterima. AMIN!
See ya!

G+

Tidak ada komentar

Silakan tulis sesuka lo dan kalau gue nggak suka ya gue hapus sesuka gue.