Coretan Tentang Memetik Senar [Part 1]

Eh gue minta maaf sebelumnya, post kali ini gue nggak bermaksud menggurui. Sumpah, bukan gue mau ngajarin main gitar atau sok dalam hal ini. Dasarnya, gue ini pernah belajar main gitar, dari awal iya dari awal beli aja nunggu lama banget 2 bulan pembuatan kalo nggak salah.
Gue antusias banget buat belajar bermain gitar ini, sementara nggak ada yang ngajarin jadi mau nggak mau gue belajar sendiri, gitu. Gue browsing di google semua tentang gitar, mulai dari senam jari, wujud berbagai macam chord, sampai tab-tab fingerstyle. Iya, gue pengin jadi pemain fingerstyle dan berdiri jadi pemain melodi di band gue, kelak. Amin.

Tapi apa yang gue dapet ? 20 halaman teratas yang dimuat google bikin gue kecewa, hanya satu dua tulisan yang nambah pemahaman, sisanya copas dan iklan. Ah, gitu banget sih kalo mau cari uang. Enggak cuma gitar ini dari semua hal yang pengin gue tahu selalu kayak gitu. Hih. Makannya gue bikin post ini, tujuannya supaya kalian yang niat belajar mainan alat ini bisa dapet sedikit banget ilmu dari gue.

Gue mesennya sekitar bulan Desember tahun lalu, sampe tangan gue baru pertengahan Februari atau bulan apa gue lupa pokoknya lama sampe kebawa mimpi. Gue sempet putus asa, gimana enggak gue pindah chord aja nunggu setahun, misal dari G ke Cm. Haelah. Oke, singkat aja karena gue jujur begitu suka bikin post tutorial, karena apa ya bukannya nanggung ? Maksud gue kalo bikin tutorial kayak gini pasti ada banyak pertanyaan di benak pembaca, kalo mau bikin tutorial bikin buku tuh biar mantep(b) pahamnya.

Kalo pengin bisa main gitar ya harus punya gitar, pinjem boleh sih asal halal. Kalo udah punya, niat. Niatnya jangan yang buruk, misal kalo udah bisa nanti gue mau nyepik cewek sana sini pake gitar, boleh sih tapi niat utamanya ibadah aja, biar berkah. ~
Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober nah gue butuh waktu 9 bulan buat bisa bawain beberapa lagu sampai selesai. Kalian ? Paling cuma 4 bulan aja kok, suer!

Pegang gitar kalian dengan benar, ya sewajarnya ajalah masa iya mau sambil jongkok. Kan susah. Saran gue yang pertama dari awal biasakan memakai pick, kalo nggak punya ya uang recehan. Jangan pake jari, ntar harus adaptasi lagi.

Saran kedua, langsung latihan chord dasar. Cari aja gambar di internet atau tanya temen kalian. Tapi gue ambil satu tadi yang agak jelas. Terima kasih untuk pembuatnya ya. ;)


Nah, itu dulu gue rasa udah cukup banget dari jajaran chord itu kalian bisa bawain puluhan ribu lagu.
Hafalin aja bentuknya, saran ketiga gue untuk chord A, G, sama E gunakan jari tengah, manis dan kelingking. Jangan make telunjuk, ini disarankan buat kedepannya. Bisa bayangin kan ? Kalo nggak bisa komen aja gue kirimin fotonya, serius. ;)
Latihan terus, sampai kalian bisa running chord atau berpindah secara cepat tanpa buffering. Haha.

Saran keempat, pemanasan jari sebelum latihan, lemesin aja jari kalian terus senam jari, bisa pake pattern atau pola apa aja kok asal keempat jari tangan yang dipake buat chord gerak sehingga kekuatan menekan dari telunjuk sampai kelingking itu sama. Simple kan ?
Awali pelan, yang penting bunyinya bener, kalo udah bisa gerak lancar pelan percepat sedikit demi sedikit. Gitu.

Kelima, sebelum belajar pasti tangan kalian biasa aja, selama belajar tangan kalian mulai perih dan kapalan. Pasti. Jangan berhenti, gini ya polanya normal -> kapalan -> normal lagi. Ketika tangan kalian kapalan main aja terus cuma jangan dipaksa, kalo sakit berhenti kalo udah enakan main lagi. Gitu. Ketika tangan kalian udah kembali normal, gue pastiin kalian udah bisa bermain gitar. ;)

Coba satu lagu yang asik dan chord-nya sudah kalian kuasai, saran keenam itu dengerin lagunya baik-baik alias kalian hafal bener susunan lagu itu dari awal sampe bubar, percuma kalo nggak hafal. Kalo udah hafal lagu dan chord bawain pelan dulu sebisa kalian, kalo udah lancar sesuai ingatan tentang lagu tadi, ikutin lagu aslinya.

Ketujuh, gue yakin kalian bakal cepet banget mainan chord dan bawain lagu ini itu, bosen ya ? Belajar baca tabulatur gitar. Misal,

Senar No. 1|-----------------|-----------------|-----------------|----------------
Senar No. 2|-----------------|-----------------|-----------------|----------------
Senar No. 3|-----------------|-----------------|-------------0---|----------------
Senar No. 4|---0---7---0-4-0-|---0---7---0-4-0-|---0---4---0---0-|---2---4-5-4-2-0
Senar No. 5|-5---5---5-------|-4---4---5-------|-2---2---2-------|-0---0----------
Senar No. 6|-----------------|-----------------|-----------------|----------------

Bacanya urut dari kiri layar ini sampai ke kanan. Senar kalian yang paling tipis alias nomor 1 jadi gambar yang paling atas dan seterusnya. Gampang kan ? Tinggal nurutin angkatnya, kalo ada angkat 5 ya itung aja dari kiri fret nomor 5 terus dipencet. kalo 0 ya dilepas semua. \o/
Nah, ini dulu sedikit coretan dari gue, insyaAllah kalo ilmu gue udah berkembang gue bikin yang part 2 dari post ini, gue janji. Buat apa ilmu gue kempit, ya nggak ? See ya!

G+

Tidak ada komentar

Silakan tulis sesuka lo dan kalau gue nggak suka ya gue hapus sesuka gue.