Tegangan

Selamat Malam!
Eh tapi kata seseorang ngucapin selamat pagi, siang, sore, dan malam adalah wujud penyembahan dewa matahari!

Ngomongin soal perwujudan sembah-menyembah, itu kan perkara hati. Gini, orang timur pada takut sama yang namanya kristenisasi nah di barat pada takut islamisasi. Gue bingung aja, apa yang ditakutin ? 
Kalo gue bilang gue muslim itu kalian percaya ? Percaya dari mana ? KTP ?
Di Indonesia, orang dikasih mie goreng 3 bungkus aja mau kok pindah agama, masalah ntar mie-nya udah abis balik ke agama sebelumnya.

Sama halnya dengan penampilan, mentang-mentang tampilannya religius itu apa pasti agamanya bagus ? Liat noh koruptor, kalo ibadah masuk tv, malah ada yang udah haji.
So, sembah sujud terbesar kepada Tuhan adalah hati dan pikiran, dan itu cuma pribadi masing-masing dan Tuhan yang paham. Intinya sih, hati-hati aja. Jangan gampang percaya sama orang.

Oke, jadi mau apa kita sekarang ? Bobok bareng ? *dikeplak*

Gue kalo mau share ilmu terapan yang logis itu pasti udah ada di internet, banyak malah. Jadi ya gini malah gue share hal yang nggak mutu aja, siapa tau membantu. Kalo enggak yaudah, bukan masalah buat gue.

Anak kelas 3 kayak gue identik sama yang namanya stress, itu bahasa inggris yang artinya tegangan. Mudahnya, segala hal yang mampu untuk tegang akan menjadi tegang. #halah
Di Indonesia disebut stres, artinya gangguan atau kekacauan mental dan emosional yg disebabkan oleh faktor luar.

Faktor luar itu banyak, bisa dari temen, orang tua, pasangan, atau bahkan orang yang tidak dikenal. But, I won't discuss it, better I discuss how to solve.

Ada beberapa cara menangani tegangan ini versi sumuurr. :p

Ibadah
Someone : Where is your house ?
Me : I don't have, I have a home.
Someone : So, where is it ?
Me : My home ? Everywhere.
Someone : Pardon me ?
Me : My home is my God.
Stres ? Pulanglah ke Tuhan.

Hal baru
Luangkan waktu sebentar deh, coba hal baru. Hal baru itu nggak cuma kegiatan atau hobi. Oke, misal yang hobinya cuma beberapa bisa deh nyoba, misal awalnya hobi main game sekali-kali nyobain adu ikan cupang. Sorry, maksudnya elo yang diadu sama ikan cupang. Seru kok.
Atau, coba hal baru berupa hubungan. Coba deketin lawan jenis, pokoknya bikin supaya adrenalin naik. Dengan begitu, kalian nggak akan fokus untuk stres. Mungkin bisa juga nyobain lingkungan temen baru, ganti following twitter, cari komunitas apa gitu yang seru. Komunitas pemain alat kencing, misal. MISAL!
Menurut gue, stres cuma karena jenuh sama hal itu-itu mulu, so ? GANTI!

Tidur
Kadang, stres yang tingkat rendah bisa ditangani dengan tidur sebentar. Kalo lagi banyak waktu luang yang lama juga nggak salah. Stres kan cuma masalah gelombang otak yang lagi ada di beta, asal tidur ntar juga turun ke alpha lalu ke theta lalu ke delta dan tenang lagi. Selamat bermimpi!

Seks
Gue agak gimana gitu mau jelasin yang ini, tapi ah coba aja deh buat yang udah boleh!

Tengok belakang, Bermimpi!
Ini yang paling gue suka, adalah mengenang hal keren yang udah pernah kalian lakuin. Waktu eek deh, abaikan masalah kalian sejenak, ingat lagi semua hal yang kalian udah lakukan dan berhasil lalu mimpiin hal baru, dengan begitu selama eek kalian akan bersemangat. FYI, kalo gue semangatnya ya cuma waktu eek itu, kalo udah selesai stres lagi. :| Tapi kalian pasti enggak kok.

Hiburan
Coba deh ngapain gitu sama temen, pilih temen yang lucu. Jadi kalian ketawa. Yang mesum ? Itu opsional.
Nonton film, main musik, atau nonton konser bahkan cuma sekedar jalan-jalan sambil bahas hal lucu insyaAllah bisa mengurangi kok.

Kompetisi
Ikutan kompetisi apa gitu, atau malah kalian bikin kompetisi. Misal, lomba bikin rumah pake cacing tanah atau apalah. Atau sekedar kompetisi main game. Bagus lagi kalo olahraga, biasanya stres karena kurang olahraga, jadi cepet-cepet mendaki gunung sinabung gih!

Makan cukup, minum banyak
Makannya cukup, nggak asik kalo lagi stres malah sakit. Mengurangi penjiwaan.
Kalo lagi ikut OCD ya bisa deh makannya dikurangin tapi ya jangan terus-terusan.
Nah, minumnya yang banyak, kalo perlu sehari satu galon besar. Biar apa ? Biar stres kalian larut oleh air berdasarkan reaksi kimia penetralan. *kemudian muntah belerang*

Oke, segitu dulu ya gue masih banyak kerjaan. :|
Intinya adalah stres itu disebabkan sesuatu. Jadi cukup menghalangi penyebabnya nyentuh emosi kalian. Apapun itu. Ya nggak ?
Jadi, selamat menenangkan diri. See ya!

G+

Tidak ada komentar

Silakan tulis sesuka lo dan kalau gue nggak suka ya gue hapus sesuka gue.