Renungan Minggu Pagi

Minggu pagi
pagi Minggu
Minggu pagi
sinar mentari
langitnya memutih
langitnya keputihan.

// Puisi karya Sumuurr.

*diclurit*
Sunday morning! Selamat buat kalian yang melewati sabtu malam tanpa tergores sedikitpun. Pun gue. Lagi pada ngapain ? Gue sih santai-santai aja, main gitar, mikirin gebetan yang pernah singgah di hati gue walau cuma buat mengisi kekosongan hati mereka. Sedih sih kehilangan sesuatu yang bahkan nggak pernah jadi milik gue.

Tadi waktu berak gue nggak sengaja mikir tentang diri sendiri, lalu gue terdiam. Gue bego. Mendadak bertanya-tanya, gue hidup ini buat apa ? Oke jelaslah, di beberapa agama diterangkan dalam kitab suci, kita diadakan oleh Tuhan untuk beribadah, menjadi khalifah di bumi. Tapi buat apa coba pikir gue. Kenapa nggak satu atau dua orang aja yang diciptakan ? Gue nggak bermaksud membantah kehendak Tuhan, apalagi menyalahkan-Nya atas keberadaan gue, gue cuma pengin merenung.

Selepas kewajiban kita kepada-Nya, pasti ada satu alasan gue diciptakan. Pasti. Tapi apa ? Ini cuma gue atau emang kalian ngerasa kalo hidup kalian itu cuma melakukan kegiatan menunggu mati ? Di agama gue, hidup di dunia sama aja tes buat kehidupan kekal di fase berikutnya, logis, gue terima. Di sisi lain, gue disuruh buat bahagia di dunia, sementara itu bahagia di dunia sama aja ngurangi pesangon gue buat di akhirat. Gue bingung.
Sempet gue mikir gimana cara kehidupan gue di akhirat tetap terjamin dan gue tetep bisa menikmati dunia gue yang sebentar ini. FYI ya, gue ini orang nggak pintar, agama gue juga biasa, gue belum mampu menandingi ulama, pendeta dan orang hebat lainnya, apalagi menafsirkan kitab suci, gue takut.

Lalu gue terdiam lagi. Gue coba inget lagi, dari mulai gue bisa mikir sampai sekarang, hal baik apa yang udah gue perbuat, karya apa yang udah gue hasilkan, berapa kali gue nggak bentak orang tua kalo disuruh. Gue makin terdiam. Akhirnya gue berhenti main gitar, gue cuma tiduran. Pikir gue, iya gue bisa hidup gue masih dibiayai orang tua, orang tua gue juga masih mampu kerja, gue masih bisa makan. Nah yang di luar sana nggak punya orang tua gimana ? Yang hidupnya masih di bawah rata-rata gimana ? Apa mereka bisa untuk sekedar bermimpi punya sepotong kebahagiaan kelak ? Anjis, gue ini ngapain aja coba selama ini.. Gue cuma seneng-seneng, cuma sekolah yang gue tahu itupun gue anggap beban, gue masih suka nyontek, gue cuma bisa nyepik cewek, sementara banyak orang nggak tidur seharian cuma biar keluarga bisa makan. Gue bangsat.

Pikiran gue jadi makin liar, trus kemana aja sih orang yang katanya baik dan berhasil ? Kenapa mereka nggak nolong ? Apa manusia itu terlalu egois ya sampe-sampe cuma bagi sedikit 'titipan Tuhan' ke sesama aja nggak mau ? Apa ini yang disebut keinginan tak terbatasnya manusia ? Anjis, gue jadi males sukses kalo ntar cuma jadi buta, cuma jadi orang yang kayak gitu, mending gue miskin, bisa bangun dari tidur aja gue bersyukur. Tapi Tuhan itu nyuruh gue bahagia dunia akhirat. Gue tahu kenapa manusia itu rejekinya nggak sama, biar dunia itu muter, tapi apa ya harus ada yang mati karena lapar ? Apa harus ada yang makan dan punya barang berlebih sampai dibuang ? Harta itu segalanya ya di dunia modern ? Kalo iya, gue mau mati sekarang. Itu pikiran bodoh.

Sementara pikiran waras gue bilang kalo lo mati orang tua lo gimana ? Kalo lo mati siapa yang bakal bantuin orang-orang tadi ? Kalo lo mati lo gak akan tahu buat apa lo ada di dunia ini. Iya sih curhat bentar, gue sering banget perang pikiran gini. :|

Gue minum air putih, balik tiduran. Gue mulai agak tenang sekarang, di pikiran gue, pokoknya sekarang gue harus bantuin mereka, mulai sekarang gue harus berkarya, kalo nggak bisa bantu orang, minimal gue nggak nyusahin! Titik! Gue harus jadi orang yang ada manfaatnya buat orang lain, biar Tuhan nggak sia-sia mengadakan gue di dunia, biar Dia bangga sama gue, gue yang bisa bantu satu dua suap makan orang lain. Pikir gue lagi, buat apa gue dijudge alim tapi gue diem aja lihat orang kesusahan, itu bedanya apa sama serigala pakai bulu ayam ? Mending gue brengsek, tapi gue bersyukur sama kehidupan gue, gue bisa bantu orang lain, gue nggak nyusahin, gue jadi inspirasi, dan Tuhan sama orang tua gue bangga. Kalian gimana ? Ikut gue ya. :) See ya!

G+

Tidak ada komentar

Silakan tulis sesuka lo dan kalau gue nggak suka ya gue hapus sesuka gue.